Farikh_ notes


Zero Crossing Detector

Posted in rangkaian listrik oleh farikhardiansyah pada Maret 19, 2013

Zero crossing detector adalah rangkaian yang digunakan untuk mendeteksi gelombang sinus AC 220 volt saat melewati titik tegangan nol. Seberangan titik nol yang dideteksi adalah  peralihan dari positif menuju negatif dan peralihan dari negatif menuju positif . Seberangan-seberangan titik nol ini merupakan acuan yang digunakan sebagai awal pemberian nilai waktu tunda untuk pemicuan triac.

Metode ini berfungsi untuk menentukan frekuensi suatu gelombang dengan cara mendeteksi banyaknya zero point pada suatu rentang waktu. Zero crossing detector berfungsi untuk mendeteksi perpotongan gelombang sinus pada tegangan AC dengan zero point tegangan AC tersebut, sehingga dapat memberikan sinyal acuan saat dimulainya pemicuan sinyal  PWM.  Dengan menggunakan rangkaian zero crossing detector ini, kita dapat mendeteksi zero point sekaligus mengubah suatu sinyal sinusoidal (sine wave) menjadi sinyal kotak (square wave). Perpotongan  titik nol yang  terdeteksi adalah pada saat peralihan dari siklus positif menuju siklus negatif dan peralihan dari siklus negatif menuju siklus positif.

Sinyal acuan (zero point) akan digunakan sebagai interupsi eksternal mikrokontroller dan selanjutnya mikrokontroller akan mengatur dan membangkitkan sinyal PWM untuk memicu gate TRIAC.

zero

Penjelasan gambar :

Pada titik A keluaran dari jembatan weathstone berupa sinyal positif dengan nilai voltage 12 V.

Pada titik B voltage devider masukan pada V(-)  LM358 bernilai 10,9 volt. Nilai ini dapat dihitung menggunakan rumus

rumus

Pada titik C keluaran dari bridge yang berupa tegangan  DC diteruskan lagi oleh 2 dioda. Tegangan pada titik B dan C kemudian dibandingkan dengan menggunakan komparator. Prinsip komparator jika V(+) lebih besar dari pada V(-) maka keluaran dari komparator berlogika high, dan apabila V(+) lebih kecil daripada V(-) maka outputnya adalah berlogika low.

semoga bermanfaat🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: