Farikh_ notes


Membuat Jam Digital Menggunakan ATMegaxx dengan Tampilan 7segment dan Tombol Menu

Posted in mikrokontroller oleh farikhardiansyah pada Juli 2, 2013

alhamdulillah akhirnya saya bisa posting lagi….
dalam posting yang lalu saya suadah membahas “jam digital menggunakan tampilan lcd dan 4 tombol menu”. yang belum tahu silahkan klik disini.

kali ini sama….kita akan membahas tentang jam digital, tetapi kali ini saya menggunakan tampilan 7segment. Yang saya tampilkan yaitu jam,menit,detik,tanggal,bulan,dan tahun….pokoknya lengkap.. 🙂 . dan tidak lupa saya sertakan 4 tombol menu seperti biasanya yaitu tombol menu,ok,up,dan down untuk men setting jam. dalam projek kali ini saya menggunakan ATMega8535 dan 7segment yang saya gunakan adalah 7segment common anoda. Untuk lebih detail tentang 7segment common anoda bisa diklik disisni.

berikut gambar rangkaiannya, disini saya mendesain menggunakan eagle.

rangkaian minimum system dan board 7segment.

minsisboard

untuk potongan programnya dapat dilihat seperti berikut:

untuk menampilkan angka pada 7segment

unsigned char dec2bcd(unsigned char num)
{
return ((num/10 * 16) + (num % 10));
}

unsigned char bcd2dec(unsigned char num)
{
return ((num/16 * 10) + (num % 16));
}

void display_detik(unsigned char detik)
{
char i,satuan,puluhan;
puluhan=detik/10;
satuan=detik%10;

for(i=0;i<=1;i++)
{
PORTA=bil[puluhan];
delay_ms(1);

PORTA=bil[satuan];
delay_ms(1);
}
}

untuk jam, menit dan seterusnya programnya sama…tinggal diganti saja char nya.

untuk program menu

void menu()
{
switch(mn)
{
case 0:      run_date();      break;
case 1:      set_jam();        break;
case 2:     set_menit();      break;
case 3:     set_date();       break;
case 4:     set_month();     break;
case 5:     set_year();       break;
}
}

nah..program jam hampir sama semua tinggal display nya saja yang berbeda…..silahkan lihat di posting yang terdahulu tentang jam digital untuk program lengkapnya. klik disini.

 

berikut wujud dari jam nya.

foto0575foto0748

terima kasih….semoga bermanfaat 🙂

 

Satu Tanggapan to 'Membuat Jam Digital Menggunakan ATMegaxx dengan Tampilan 7segment dan Tombol Menu'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Membuat Jam Digital Menggunakan ATMegaxx dengan Tampilan 7segment dan Tombol Menu'.

  1. Rheksi said,

    mas bisa minta list program dan gambar pcbnya nggak, saya pengen buat kyk beginian..


Tinggalkan komentar